Memproses Data Quesioner Memakai SPSS Untuk Uji Validitas

SPSS adalah satu diantara software yang begitu dianjurkan untuk Awak yang tengah lakukan riset kuantitatif. Hal semacam ini karena software ini adalah software yang bakal mempermudah Awak dalam mengkalkulasi buatan riset yang tengah dikerjakan. Satu diantara peranan dari SPSS yaitu menolong dalam mengkalkulasi uji validitas masalah quesioner. Langkah memproses data quesioner memakai SPSS untuk uji validitas ini lebih simpel serta gampang dibanding mesti menghitungnya dengan manual dgn memakai Microsoft Excel. Cuma dgn memasukkan data serta click saja buatan validitas masalah telah dapat di ketahui.

Langkah Memasukkan Data ke SPSS

Langkah memproses data quesioner memakai SPSS untuk uji validitas hal yang paling baku yaitu memasukkan data yang telah didapat ke SPSS. Seterusnya ini langkah menginput data quesioner ke SPSS :

1. Langkah pertama yaitu buka aplikasi SPSS lewat laptop maupun computer Awak. Aplikasi ini termasuk juga aplikasi yang enteng hingga dapat dipakai pada semuanya spesies laptop serta computer.
2. Setelah itu bakal nampak worksheet atau monitor aktivitas dari SPSS. Masukan data yang telah Awak dapatkan dalam SPSS. Untuk memasukkan datanya, Awak dapat mengcopy paste dari data Microsoft Excel yang telah Awak buat. Butuh Awak kenali baris pada SPSS tunjukkan responden sedang kolomnya yaitu nilai dari tiap-tiap item masalah yang bakal ditest validitasnya.
3. Selanjutnya Awak dapat mengurutkan data yang dimasukkan dgn memakai menu yang telah disiapkan.
4. Langkah setelah itu untuk lakukan uji validitas yaitu tentukan menu Analyze lalu tentukan scale lantas tentukan Reliability Analysis.
5. Kemudian drag semuanya data yang ada pada kolom samping kanan lantas tentukan model jadi Alpha.
6. Setelah itu, tentukan menu Statistic. Pada menu ini yakinkan bila pada kolom Summeries tercentang menu Means serta pada Inter Item tercentang Correlation.
7. Selanjutnya tentukan continue jadi bakal nampak buatan analisisnya.
Langkah Membaca Buatan Uji Validitas Pada SPSS

Langkah memproses data angket untuk uji validitas dgn memakai SPSS ini memanglah gampang. Tetapi Awak harus juga dapat membaca buatan yang dipertunjukkan. Mengenai langkah membaca buatan uji validitas dalam SPSS yakni :

1. Langkah pertama untuk membaca buatan validitas Awak dapat lihat tabel Item Keseluruhan Statistics. Dalam tabel ini yang di perhatikan yaitu Corrected Item-Total Correlation. Bila pada kolom ini akhirnya kurang dari 0, 6319 jadi masalah dinyatakan tidak valid.
2. Selanjutnya, Awak dapat mencatat nomor mana saja yg tidak valid. Data ini dapat jadikan referensi masalah mana saja yang layak dipakai serta tidak layak dipakai.

Baca : cara mengolah data kuesioner skala likert dengan excel

Terkecuali untuk lakukan uji validitas, SPSS dapat juga dipakai untuk lakukan uji reliabilitas serta uji yang lain yang terkait dgn riset kuantitatif. Langkah memproses data quesioner memakai SPSS ini benar-benar sangat gampang serta praktis. Dgn ada software ini pastinya beberapa mahasiswa serta peneliti bakal begitu terbantu dalam mengkalkulasi buatan penelitiannya. Perlu untuk diketahui kalau aplikasi SPSS ini senantiasa diperbarui dgn versus yang lebih gres. Diluar itu, SPSS juga ada dengan gratis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s